menubar

Jan 25, 2024

Manfaat Tiga Bunga Selain Sebagai Hiasan

Bunga. Siapa sih yang nggak suka dengan keindahan bunga? Selain indah dipandang, beberapa bunga punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan bunga rumput pun punya banyak manfaat.

Berikut tiga bunga yang saya foto beberapa hari lalu. 

1. Bunga Nusa Indah putih


Bunga Nusa Indah putih. Ada di halaman belakang kantor tempat saya bekerja. Masih kecil, tapi sudah rajin berbunga. Cakep bunganya. Apalagi nanti kalau sudah rindang, bakalan lebih cakep.

Setelah menelusuri beberapa web, ternyata nusa indah dimanfaatkan sebagai obat herbal. Saya kutip dari jurnal berikut ini :
1. Ekstrak daun tanaman nusa indah (Mussaenda pubescens ait.f.) mempunyai manfaat sebagai antibakteri yang berpotensi menghambat pertumbuhan bakteri Staphyloccous aureus (Rosenbach).
2. Ekstrak daun tanaman nusa indah (Mussaenda pubescens ait.f.) memiliki senyawa metabolit sekunder berupa flavonoid, saponin, tanin, dan steroid yang berpotensi dalam aktivitas antibakteri.
3. Konsentrasi efektif dari ekstrak daun tanaman nusa indah (Mussaenda pubescens ait.f.)   dalam menghambat bakteri Staphylococcus aureus adalah konsentrasi 75%. 
4. Antibiotik eritromisin memiliki efektivitas yang lebih baik dibandingkan denga ekstrak daun tanaman nusa indah (Mussaenda pubescens  ait.f.) dalam  menghambat pertumbuhan bakteri Staphyloccous aureus. 

Jurnal lengkap bisa dibaca di sini. Dan pastinya masih banyak lagi manfaat dari tanaman nusa indah.

2. Bunga Kertas / Zinnia


Bunga ini juga ada di belakang kantor. Di halaman depan lebih banyak lagi dan lebih beraneka warna. Bunga klasik yang cantik. Mempercantik halaman saja sudah cukup bagi saya. Ternyata manfaatnya lebih dari itu. Diantara manfaatnya adalah :
1. Mengobati Hepatitis
2. Mengatasi Bisul
3. Mengobati gatal-gatal


3. Bunga Melati


Nah, kalau bunga melati ini ada disamping saya. Meskipun di belakang kantor juga ada, namun kebetulan belum berbunga. Kecil, putih dan harum. Saya suka aromanya. Diletakkan di dalam masker, wah....segar dan menenangkan. Lumayan awet juga baunya. Melati ditetapkan menjadi salah satu bunga nasional Indonesia sebagai puspa bangsa. Hampir semua merk teh mengeluarkan varian melati. Memang seenak itu sih aromanya.

Dari wikipedia :
Melati putih yang sering disebut melati saja di Indonesia memiliki rasa bunga dan daun yang rasanya pedas, manis, dan sifatnya yang sejuk. Simplisia yang dipergunakan dalam pengobatan ini berkhasiat antiradang, merangsang keluarnya keringat (diaforetik), peluruh air seni (diuretik), dan melegakan napas. Adapun akarnya, terasa manis, pedas, netral, dan agak beracun. Ini bersifat mematikan rasa (anastesi), dan menghilangkan nyeri (analgesik). Ramuan melati putih dilarang untuk diminum oleh ibu hamil dan kondisi badan lemah.

Penyakit yang kiranya bisa diobati oleh akar melati putih adalah bengkak (karena luka terpukul), nyeri karena patah tulang, sakit gigi dan kepala. Daun dan bunga melati putih digunakan untuk mengobati flu, diare, demam, menghentikan ASI, dan bisul. Rendaman akar (dicampur minyak kelapa) digunakan untuk obat tetes telinga.

Karena bunga-bunga tersebut bisa dikonsumsi, mungkin dibikin puding bisa ya. Puding tanpa warna, yang ditengahnya ada bunga warna-warni. Cantik pastinya. ^_^ Kalau konsumsinya tidak berlebihan, insya Allah aman lah. Atau kita bikin bakwan saja. Hahahaaaa

2 comments:

  1. Cuma bunga kertas dan bunga melati yg aku dulu punya di taman. Tapi pas masih tinggal di Aceh. Bunga melati enaaak bgt kalo sedang tumbuh, trus bunganya dipetikin, taro dalam lemari. Atau di lipatan baju. Semua bajuku harum melati dulu 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ah taruh di lemari, belum pernah nyoba sih. Terimakasih infonya.

      Delete

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)