menubar

Jan 5, 2024

Mentho, Jajanan Jadul Mengenyangkan


Pada suatu hari, saya mendapat rezeki di pagi hari dari rekan kerja. Gorengan berbentuk bulat lonjong kecoklatan dengan beberapa kacang yang nampak dari luar.

Saya tahu kalau ini mentho. Ini kali kedua saya makan mentho selama yang saya ingat. Yang pertama, duluuuuu banget ketika masih kecil, Ini salah satu makanan yang ibu saya suka karena ada kacang tolo didalamnya. Tapi rasanya tidak sesuai selera saya versi anak-anak. Jadi ya sejak itu, saya tidak pernah mau makan lagi. Yang kedua ya ini. Saya rasain, kok ternyata enak ya. Selera ternyata berubah seiring bertambahnya usia. Perpaduan singkong, kelapa dan kacang tolo. Gurih-gurih asin. Dan tentu saja mengenyangkan. Kalau makan 5 gorengan mentho ^_^.

Mentho termasuk jajanan jadul. Tapi masih ada sampai sekarang dengan rasa yang original. Mungkin ada juga yang sudah dibuat lebih modern. Dengan tambahan keju mozarella, sosis, ayam cincang didalamnya mungkin. Atau dengan isian rawit setan yang melimpah. Bisa juga jadi toping seblak dan ramen. Banyak kemungkinan karena rasanya yang gurih, bisa disandingkan dengan berbagai jenis makanan.

Setelah saya berkunjung ke cookpad, cara membuat mentho tidaklah terlalu sulit. Bahan-bahannya pun juga mudah didapat di warung tetangga. Dari rangkuman setelah membaca beberapa resep, bahan dasar mentho hanya singkong parut, kelapa parut, dan kacang tolo.

Apakah saya akan mencoba membuatnya? Oh, tentu tidak. Saya termasuk tim jajan. Apalagi kalau anak-anak tidak suka. Karena kalau membuat sendiri, pasti porsinya banyak, trus saya khilaf ngabisin semuanya. Gagal diet dong. Dan satu lagi, dalam jajan ada sedekah. Apakah teman-teman suka mentho? Atau ada yang belum pernah ngerasain? Cerita yuk.

No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)