menubar

Jul 14, 2024

Bunga Tapak Dara, Cantik dan Berkhasiat

 



Sabtu sore ketika menemani Yasmin bermain diluar, mata ini tidak sengaja tertuju pada bunga Tapak Dara di depan rumah. Bunganya putih. Sudah biasa sebenarnya, karena tumbuh banyak di depan rumah. Tapi begitu diamati, ternyata tengahnya merah muda atau jambon. Yang saya punya sebelumnya, bunga putih tengahnya agak kekuningan. Langsung gercep ambil HP. Difoto banyak-banyak sambil jungkir  balik nyari sudut pandang yang estetik. Sisa fotonya saya jual di ss. Cantik ya. 

Bunga Tapak Dara, mudah sekali tumbuh. Saya ingat, benihnya yang merah muda saya minta dari tetangga. Beranak pinak hingga sekarang. Kalau yang putih, tiba-tiba tumbuh. Mungkin ada tiupan angin atau burung atau serangga yang membawanya benihnya.

Sekilas sih pernah dengar ya kalau bunga ini bisa dijadikan obat. Tapi memang benar, banyak daun dan bunga yang berkhasiat obat. Yang saya sangka rumput, banyak yang ternyata tanaman obat. Pengetahuan saya saja yang terbatas.

Saya kutip dari halodoc.com

Berbagai Manfaat Bunga Tapak Dara untuk Kesehatan adalah :

Mencegah Kolesterol 
Kandungan vinpocetine dan flavonoid yang terdapat pada ekstrak bunga daun tapak dara bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol tubuh. Selain itu, dua senyawa tersebut bekerja aktif dalam membantu menurunkan trigliserida, kolesterol jahat, dan kadar kolesterol total. 

Obat Diare Alami
Para ahli pengobatan herbal di wilayah Eropa memanfaatkan bunga tapak dara sebagai obat alami untuk diare dan gusi berdarah. Bahkan, tanaman ini memang sudah lama dimanfaatkan untuk mengatasi sakit kepala berputar atau vertigo dan gangguan memori atau mengingat sejak abad pertengahan. 

Mencegah Terjadinya Kerusakan Oksidatif
Manfaat bunga tapak dara berikutnya yaitu membantu mencegah terjadinya kerusakan oksidatif yang muncul karena paparan radikal bebas secara berlebih. Ini berkat peran flavonoid yang membantu mengurangi risiko munculnya berbagai penyakit kronis. Misalnya tekanan darah tinggi, aterosklerosis, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson. 

Mencegah Diabetes dan Hipertensi
Selain itu, bunga tapak dara juga mengandung senyawa vindolicine dan vindoline yang berperan aktif dalam menstabilkan kadar gula darah, sehingga sangat baik untuk mencegah diabetes. Sementara kandungan senyawa alkaloid pada tanaman ini juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Membasmi Sel Kanker
Ilmu kesehatan yang berasal dari India atau dikenal dengan Ayurveda telah lama memanfaatkan bunga tapak dara untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Tanaman ini memiliki sifat antimikroba, antidiabetes, antioksidan, antitumor, dan antimutagen. Sifat antimutagen ini berfungsi untuk mencegah menyebarnya gen yang menjadi penyebab kanker. 

Mempercepat Sembuhnya Luka
Manfaat bunga tapak dara juga dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, terutama luka terbuka. Ini berkat kandungan ekstrak etanol dari tanaman tersebut yang diyakini dapat membantu luka sembuh lebih cepat. 



Tapi untuk tanaman berkhasiat obat, sebaiknya tetap harus dikonsultasikan ke ahlinya.

No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)