menubar

Jul 7, 2024

Kompetisi Sains Madrasah Kota Semarang 2024


Sebelum libur panjang setelah penerimaan raport, saya di wa Ibu Wali Kelas 5A. Bu Fas memberi informasi kalau Fiorenza lolos menjadi peserta KSM 2024 Kota Semarang mewakili MI Tarbiyatul Khairat. Dan dengan polosnya, saya bertanya apa itu KSM.

KSM adalah Kompetisi Sains Madrasah. KSM digelar setiap tahun untuk mengembangkan minat bakat siswa madrasah terhadap Sains. Kompetisi ini digelar mulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional dengan menggunakan Computer Based Test (CBT) secara penuh. Seleksi di sekolah dilakukan sebelum penerimaan raport. Fiorenza terpilih sebagai perwakilan beregu Sains Terpadu. Kategori beregu baru ada di tahun 2024. 

Jujur, lomba ini tanpa persiapan. Tidak belajar. Tidak ada bimbingan dari sekolah. Murni mengandalkan kemampuan anak-anak saja. Saya sebagai orang tua hanya memberi semangat. Menang kalah urusan nanti. Maju aja dulu. Semangat aja dulu. Nambah pengalaman aja dulu. 

Tingkat SD/MI dilaksanakan tanggal 03 Juli 2024 di MTSN 2 Semarang. Deket sih dari rumah, hanya saja saya belum pernah masuk ke sekolahan ini. Bagus ternyata. Jadwal lomba pukul 11.30 sampai 13.30. Jam 11.00 peserta sudah harus masuk ke ruangan untuk verifikasi, diberikan arahan dan tata tertib lomba. Regunya Fio keluar pukul 12.30. hanya satu jam mereka mengerjakan 30 soal. Ada 2 soal yang mereka lewatkan tanpa jawaban. Karena jawaban salah justru mendapat nilai -1. 

Tanggal 05 Juli, pengumuman pemenang. Alhamdulillah belum juara. Tetap semangat berproses dan menambah ilmu. Peserta individu masuk peringkat 10 dan 12 dari 60 peserta. Lumayan ya. Kalau yang beregu, saya kurang informasi masuk peringkat ke berapa. Terimakasih sudah berjuang dan berusaha, Kalian semua hebat.

No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)