menubar

Mar 11, 2011

Sambal Kacang [Pecel, Ketoprak, Gado-Gado]

Sambal yang satu ini didominasi rasa kacang. Ya iya lah, namanya juga sambal kacang. Beberapa orang menyebutnya saus kacang. Tapi aku lebih suka menyebutnya sambal kacang, lebih berasa Indonesia banget. (Alasan yang nggak jelas :D )

Banyak sekali menu khas Indonesia yang menggunakan sambal kacang. Sebut saja sate ayam. Tak lengkap kalau tidak disiram sambal kacang. Sate kambing yang identik dengan sambal kecap pun, jika disiram sambal kacang tetap lezat, menurutku loh. Masih banyak menu lainnya yang memakai sambal kacang atau saus kacang. Aku nggak akan bahas cara membuat masakan-masakan tersebut. :D karena resep dariku pastilah tidak dapat dipercaya.


Gado-gado, Ketoprak dan Pecel.



Gado-gado itu aku beli di Saung Uleg Tlogosari. Porsinya banyak. Isiannya sama dengan gado-gado pada umumnya. Lontong, sayuran, kentang, telur rebus, mentimun, dan lainnya. Tapi nggak pedes meski udah minta pedes sama mbak penjualnya. Mungkin waktu itu masih kena imbas harga cabai yang melambung tinggi. Tanpa sambal kacang namanya bukan gado-gadi lagi. Kalau diatasnya disiram saus tomat dan mayonaise, jadi salad dunk. Tapi salad kan nggak ada lontongnya. :D




Ketoprak yang ini juga masih racikan Saung Uleg di Tlogosari. Paduan lontong, tahu, bihun, tauge dan telur rebus dengan siraman sambal kacang. Miriplah dengan gado-gado, hanya berbeda pengisi acaranya saja. Kalau kolaborasi tadi disiram pakai kuah kaldu, jadinya bukan ketoprak lagi. Lagi-lagi sambal kacang jadi identitas menu ini, ketoprak.




Kalau pecel yang ini buatan ibuku. Rasanya nggak kalah dengan pecel pincuk yang udah terkenal itu. Sayurannya juga bervariasi. Berhubung aku nggak terlalu suka sayuran, yang aku ambil cuma dikit. Yang ada dipiring bayam, bunga turi, tauge dan kol. Semua sayuran direbus dan disiram sambal kacang. Kalau sayuran rebus diberi bumbu kelapa diatasnya jadi urap, bukan pecel lagi. Sambal kacanglah yang membuat menu itu bernama pecel.

Sate tetap bernama sate meskipun bumbunya berbeda-beda karena identitas ada pada tusukannya. Tapi kalau gado-gado, pecel dan ketoprak akan berganti nama jika sambalnya bukan sambal kacang. Sambal kacang jadi identitas mereka. Hidup sambal kacang!!! :D Masih banyak sih, menu-menu lain yang menggunakan sambal kacang. Cobalah menjelajah kuliner Indonesia, pasti kaya dengan sambal kacang. Entah yang masih orisinal seperti di atas ataupun yang udah modern dan dimodifikasi.

Hanya sekedar mengamati sambal kacang di dunia kuliner Indonesia.

3 comments:

  1. saya suka banget makanan khas indonesia yang berbau sambel kacang.. :D

    hidup sambel kacang!! #eh

    ReplyDelete
  2. enyak..enyak..enyak

    ReplyDelete

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)