Dec 12, 2017

QuartetTangle - Fili, Abeko, Wheelz, Rain

12-12-2017, bagus ya tanggalnya. Semarang tetap mendung seperti hari-hari sebelumnya. Tapi menggambar zentangle teteap menyenangkan. Biarpun cuaca mendung, yang penting hati tetap cerah. Ceria. Bahagia.

Fili tangle pattern baru yang mirip bunga cengkeh, Abeko, Wheelz, Rain menciptakan harmonisasi yang indah. Menurut saya sih :P


Zenhug to all from Semarang - Indonesia


Dec 8, 2017

It's A String Thing # 222

I draw this at cloudy Friday afternoon. Feels like I wanna go home soon, meet the kids and forget the work deadline for a while. Tomorrow is weekend. Lets meet Monday with new energy.



Diva Weekly Challenge #344: "UMT: Afterglo by Carole Ohl"

Afterglo, carre, strircles... Not too satisfied. But this is the result for Diva Challenge #344.


Nov 29, 2017

Diva Weekly Challenge #343: New Official Tangle Dewd

Selamat datang Dewd, pola baru dalam dunia zentangle. Mirip kecambah ya. Dewd bertemu ginili, ambler, calya dan florz. Shadingnya masih tahap belajar. 

Semarang tetap mendung sampai hari ini. Di beberapa tempat sudah turun hujan. Terboyo? Tinggal menghitung detik demi detik, air segera turun.

Menjelang long weekend, apa rencana kalian?


Nov 27, 2017

Triotangle : Diva Dance, Purk, Irradial

Kalau dulu, pengen menggambar ya tinggal menggambar. Tidak ada aturan apapun. Setelah mengenal zentangle, jadi kepengen mempelajari tiap-tiap pola. Kali ini saya memilih tiga pola, diva dance, purk dan irradial.

Diva dance seru, tinggal mengikuti mood saja. Biarkan tangan ini bergerak sesuka hati. Pasti terbentuk pola yang indah.

Btw, Semarang masih mendung. Gerimisnya awet. Semoga nggak banjir parah lagi.



Nov 24, 2017

Zentangle Relaksasi di Kala Mendung

Hanya untuk relaksasi minggu ini. Mendung-mendung syahdu. Bikin mie rebus pedas mantab. Maraton drama korea. Seruput kopi. Anak-anak sehat. Suami bahagia. What a perfect week end.



Nov 23, 2017

It's A String Thing # 220

Akhirnya selesai juga. Diantara tumpukan tugas dan kerjaan. What a busy and crazy week.

Now, it's a coffee time.


Nov 22, 2017

Diva Weekly Challenge #342: "Duotangle: Paradox vs Bunzo"

Challenge tercepat yang pernah saya buat. Kenapa? Karena paradox adalah pola zentangle favorit saya. Kalau bingung memilih pola, ujung-ujungnya saya memilih paradox. Mudah dikreasikan. Bagus juga untuk mengisi ruang kosong. Pokoknya top deh pola ini.

Sendiri aja OK, apalagi berduet dengan bunzo. Saya suka challenge kali ini.

Untuk melihat Diva challenge lainnya klik label Diva Challenge.



Nov 14, 2017

It's A String Things #219

Senangnya bisa ikutan IAST challenge lagi. Sempat pesimis bisa ikutan atau tidak. Karena waktunya panjang, jadi ya bisa ikutan, 2 minggu. Pola yang dipilih Vortex, Tortuca dan Facets. Dengan ikutan challenge sana-sini, saya makin tahu nama masing-masing pola zentangle dan cara membuatnya. Tapi favorit saya masih paradox dan ginili. Ini punya saya.


Nov 9, 2017

Diva Weekly Challenge #340: UMT Wibble by Shawna Martin

Saya ikutan lagi nih, Weekly Diva Challenge. Pola yang dipilih kali ini wibble karya Shawna Martin. sepertinya wibble lebih cocok untuk border sih menurut saya. Tapi saya jadikan pembatas silang di tengah. Ini gambar saya, mana gambarmu?

Saya mengikuti diva challenge kalau lagi stress dan galau sama pekerjaan. Menggambar memberikan kedamaian hati. Ikuti saja coretan-coretannya. Tidak harus bagus, yang penting menghilangkan penat di hati. Kalau kamu? Bagaimana menghilangkan stress dan galau?


Oct 27, 2017

"It's a String Thing" #217

Ini kali pertama saya mengikuti challenge yang berjudul "It's a String Thing" milik Adele Bruno, CTZ. Jadi, setiap minggunya akan disedikan sebuah pola yang harus diisi dengan pola zentangle. Bebas. Meskipun kadang ada beberapa pola wajib.

Saya kurang begitu suka dengan pola Tira. Mungkin karena saya belum mahir di dunia per-zentangle-an. Saya suka tantangan ini. Dan percaya atau tidak, saya takjub loh sama pola sand swirl yang saya gunakan untuk mengisi ruang kosong di tengah. Lumayanlah. Ini hasil karya saya.


Oct 20, 2017

Diva Weekly Challenge #337 - Artoo

Pattern Artoo dia ciptakan ketika anak keduanya lahir. Laura Harms, pemilk blog diva challenge. Sekilas mirip daun ya. Saya mencoba membuatnya seperti ini. Apakah ini termasuk mandala? Ada yang bisa bantu jawab? Pada challenge kali ini, saya kembali belajar shading, tapi cuma sebagian. Susah juga ya teknik shading.

Happy birthday Artoo, best wishes for you.


Oct 13, 2017

Diva Weekly Challenge #336: Striping - Monotangle

Monotangle. Jadi harus menggambar dengan satu pola. Pola yang dipilih kali ini Stripping. It is not as easy as it seems. Berpikir bagaimana satu pola bisa menjadi gambar yang menarik. Setidaknya bagi diri sendiri. Saya kagum sama peserta diva challenge. Karyanya wow banget.

Ini hasil gambar saya. Tidak terlalu bagus menurut saya. Saya harus lebih banyak menggambar dan menggambar. Melatih tangan membuat garis lurus yang panjang tapi mulus tanpa keriting.




Oct 11, 2017

Diva Weekly Challenge #335: "UMT - Tint by Henrike Bratz, CZT"

Hurraaaayyyy saya mengikuti Diva Challenge lagi. Setelah sekian lama saya tidak menggambar. Sekedar melemaskan otot tangan untuk menggambar. Pola zentangle yang dipakai kali ini Tint by Henrike Bratz, CZT. Pada tantangan ini, saya belajar shading. Belum sempurna sih, tapi tetap harus mencoba. Tint sebagai bintang utama pada tantangan ini sengaja tidak saya tambahkan shading, agar sedikit menonjol diantara paradox dan kotak hitam putih khas Bali, entah namanya apa.

Silahkan klik label diva challenge dan zentangle untuk melihat gambar saya yang lainnya


Sep 27, 2017

Terang Bulan Semarang - Semanis Kenangan Tempo Dulu


Ada yang masih ingat kue ini? Jajanan yang masih eksis sejak jaman saya masih SD. Coba tebak, saya lulus tahun berapa? Ehh... ngga usah lah ya. Ntar ada yang jawab 10 tahun kan jadi berasa muda. Iya...iya... saya lulus SD 20 tahun yang lalu. Haahahaaa...

Jadi, kue terang bulan ini sampai sekarang masih ada loh. Saya beli pagi tadi di depan toko Laris Kosmetik Tlogosari. Bapaknya tiap hari mangkal di sana. Saya tanya keliling kemana saja. Dia jawab, mangkal di situ sampe dagangan habis. Kalau kalian ada yang kangen jajanan ini, langsung aja ke Tlogosari. Trus setahu saya ada satu lagi di Jembatan 4 Tlogosari. Semisal bentar lagi jembatannya diperbaiki, palingan cuma geser ke jembatan 3 atau 5. Masih seoputaran Tlogosari juga. Harganya lumayan murah, 7 ribu saja selembarnya. Dilapis gula, cokelat, selai strawberry (mungkin) dan mesis. Manis....

Ini terang bulan klasik kalau saya bilang. Topingnya belum dimodif dengan banyak rasa dan varian. Tapi percayalah, ketika mengigit si manis ini, seketika kamu pasti kebayang masa-masa SD. If I could turn back time.... Ya begitulah. Selalu ada cerita di setiap gigitan.



Sep 18, 2017

Gerobak Batja di Taman Virgin Semarang

Dulu sekali saya pernah cerita taman virgin, alternatif hiburan murah meriah. Meski Fio sering saya ajak kesini, tapi saya jarang cerita. Ya karena itu-itu saja. Masih sama seperti dulu. Nah, kali ini ada yang beda. Sekarang ada semacam perpustakaan mini dimana semua boleh baca gratis. Saya hanya melihat sekilas, karena Fio lebih asyik bermain-main dan lari-lari.

Isinya lumayan banyak kok. Tapi kenapa komik Inuyasha ga laku ya? Ah, mungkin itu komik angkatan saya, emak-emak. Jadi anak kecil sekarang kurang begitu paham. Mungkin lho ya.

Perpustakaan mini ini dibuat oleh komunitas yang peduli pada minat baca masyarakat Indonesia, Gerobak Batja. Bagus juga ya, ada komunitas semacam ini. Saya jadi mencari tahu tentang komunitas ini, dan ketemulah http://www.gerobakbatja.org. Semoga dengan adanya komunitas yang peduli minat baca, masyarakat Indonesia lebih gemar membaca. Kalau ada yang mau jadi relawan atau menyumbangkan buku, klik aja linknya. Atau datang aja ke taman virgin agar lebih dekat dengan komunitas ini.

Mari bongkar buku-buku yang sudah kebeli tapi belum sempat dibaca. Jadi malu beli buku Muhammad Teladanku, belum semuanya kebaca. Padahal hanya 16 buku yang tidak terlalu tebal.


Sep 5, 2017

Postcard from Finland - The Famous Inge Look

Setiap kali membaca profil postcrosser, selalu saja ada Inge Look dalam whishlistnya. Penasaran sih sama Inge Look ini. Dan akhirnya saya mendapatkan kartu pos Inge Look. Hurrayyyyyy.... Senangnya hati ini.

Inge Look seorang artis dari Finland. Dan kartu ini juga dari postcrosser Finlandia. Terimakasih ya. Yang paling terkenal dari Inge Look itu ilustrasi dua nenek-nenek bahagia. Coba deh ke sini, dan lihat kebahagiaan dua nenek tersebut. Dan mottonya “Time is not money and spending it isn’t a sin”.

Bolehlah ditiru optimis dan kebahagiaannya. Biar tua, tetap having fun.



Aug 18, 2017

DIY Postcard - Teka Teki Silang Suka-Suka

Kapan terakhir kali ngisi TTS? Biasa ada di koran atau kalau agak niat ada bukunya. Dulu sih sering ditawari kalau pas naik bis umum. Sekarang udah jarang pergi-pergi, jadi ya tidak tau, apakah TTS itu masih eksis. Dan cover biasanya model-model cantik semlohai gitu.

Pernah kepikiran nggak, teka-teki silang dijadikan kartu pos? Sepertinya unik ya. Untunglah banyak website pembuat teka-teki silang atau crossword puzzle. Mudah banget langkah-langkahnya. Tinggal masukin jawaban dan pertanyaan. Dan taraaaaaa.... Jadilah kartu pos Teka-Teki Silang Suka-Suka.

Saya cetak di kertas biasa, HVS bekas ya. Terus saya tempel di kertas bekas yang agak tebal, bekas map. Jadilah kartu pos jadi-jadian ini. Untuk menambah kesan vintage supaya tidak putih polos, saya beri tumpahan kopi. Vintage jadi-jadian juga sih.



Setelah jadi, saya baru sadar jika ada hint jawaban dari TTS itu. Ah, sudahlah. Hanya untuk bersenang-senang saja bukan? Postcrossing is about fun.

Jul 27, 2017

DIY Postcard - Quote : No Friendship is an Accident

Jadi begini. Sebenarnya saya ingin membuat kartu pos seperti OWS (One Sheet WOnder) yang banyak bertebaran di pinterest. Satu lembar kertas bisa jadi belasan kartu ucapan. Berhubung saya emak-emak dengan dua balita, sepertinya agak susah membagi waktunya. Jadi saya membuat yang sederhana dan mudah saja. Kertas kadonya kebetulan dapat yang sudah kotak-kotak. Tidak perlu diukur, tinggal gunting sesuai garis saja. Tempel kertas kado pada kertas polos. Saya punya stok banyak. Tambah satu quote "No Friendship is an Accident" dari O Henry, Heart of the West. Gampang banget kan? Tanpa tutorial, sepertinya siapapun bisa membuatnya.

Stok kertas polos saya terbuat dari kalender meja dipotong 11.5 cm x 15 cm dan dilapis amplop coklat bekas.

Saya sengaja pilih quote ini, karena memang mau dikirim untuk teman-teman. Quotenya hasil search di google. Semoga yang menerima suka dengan kartu pos handmade ini.



Jul 24, 2017

Free Image Untuk Berbagai Keperluan

Jadi, beberapa minggu ini saya rajin banget mengunjungi pinterest. Ngepin sana sini, yang katanya buat inspirasi. Tapi nyatanya hanya di pin saja tanpa eksekusi. Ya, itulah saya.

Hari ini, bertemulah saya dengan web ini. Suka banget. Beda orang, beda selera sih. Saya suka gambar-gambar yang dibagi gratis disini. Saya suka yang scrapbook paper. Saya banget lah gambar-gambarnya. Donlot sebanya-banyaknya, Entah kapan mau dicetak dan dipakai. Yang penting nabung dulu. Heheeee...

http://www.freeprettythingsforyou.com

Berhubung saya belum pernah nyobain scrapbook, sepertinya beberapa cocok dijadikan kartu pos. Asal bukan untuk tujuan komersial, gapapa kan ya. Lagian kan emang udah dibilang gratis.

Seperti yang ini, tinggal dikasih quote-quote bijak pasti jadi kartu pos keren. Nanti kalau sudah jadi (entah kapan), saya kabari lagi ya.


Gambar-gambar yang disediakan banyak. Bisa untuk berbagai keperluan, terutama yang suka per-DIY-an dan kerajian tangan.

Jul 17, 2017

Meet Up Hari Terbit Pertama Prangko Postcrossing

Tanggal 14 Juli 2017, Indonesia mengeluarkan prangko resmi dengan tema Postcrossing. Akhirnya negara mengakui keberadaan komunitas ini. Komunitas Postcrossing Indonesia. Senangnya. Sekaligus merayakan 12 tahun Poscrossing. Udah lama juga ya kegiatan bertukar kartu pos ini. Untuk merayakan dua acara tersebut, diadakanlah meet up di beberapa kota serentak hari Sabtu 15 Juli 2017 yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta dan Surabaya.

Alhamdulillah jadwalnya pas, dan pas kebetulan juga Fio mau diajak ikut. Ini kali kedua saya ketemu sesame pecinta kartu pos Semarang meski sudah dua tahun lebih bergabung. Jadwalnya seringnya ngga pas sih. Saya kan emak beranak dua, jadi agak susah menyesuaikan jadwal mereka ^_^

Yang datang cuma berempat, saya, Fio, Utie, Audrey. Tambah satu lagi mba Riva petugas pojok filateli Kantor Pos Johar. Jadilah kami cuma berlima. Fio diitung loh. Fio juga suka kartu pos meski bukan member resmi Postcrossing. Acaranya sih tanda tangan kartu pos, ritual meet up Postcrossing di berbagai kota di seluruh dunia. Trus Utie berbaik hati bagi-bagi kartu pos. Seorang dapat satu set isi 5 kartu pos. Lumayan banget kan ya.

Si bintang acara, prangko tema Postcrossing sepaket sama kartu posnya. Satu sheet prangkonya seharga 54.000 isi 18 prangko. Kartu pos isi tiga dihargai 9.000 saja. Murah meriah. Pengennya beli banyak sih, tapi tetep ya si emak ini mikir belanja dan kelanjutan hidup keluarganya. Jadi saya hanya beli 2 set dan 1 sheet prangko.




Kartu posnya saya jadiin maxi card. Kan kalo hari terbit pertama pasti ada cap resmi dari Pos Indonesia juga. Ah, saya jadi suka sama maxi card. Mungkin akan jadi tema koleksi saya selanjutnya.



Pendapat saya soal prangko: desainnya bagus. Saya suka. Meskipun suka, saya kurang sreg sama prangko dengan gambar cewek duduk deket jendela. Entah kenapa saya melihatnya kurang Indonesia. Kalau yang Gatotkaca dan Bali, suka banget. Indonesia abis deh pokoknya. Nah, berhubung gambar kartu pos dan prangkonya sama, di jadiin maxi card kurang maksimal. Kartu posnya rame, prangkonya pun rame. Maxi card enggak harus sama gambarnya, yang penting setema. Jadi mungkin lebih indah dan bagus, kalau kartu posnya lebih sederhana. Begitu saja sih menurut saya. Kalau sama-sama rame, prangkonya jadi enggak kelihatan jelas. Kurang cetar gimana gitu.





Meet Up serentak 6 kota. Foto saya comot tanpa ijin dari fb KPI ^_^
Meet Up Semarang, saya comot juga dari grup Komunitas Postcrossing Indonesia

Update : Sudah ada ulasannya di official postcrossing
https://www.postcrossing.com/blog/2017/07/22/indonesian-postcrossing-stamp-launch

Postcard from Russia - Simple



Postcard from Germany - Dragon



Postcard from Ireland - Greeting from Ireland



Postcard from USA - Beautiful Lamp



Jul 5, 2017

Zentangle - Istimewa


Saya suka pattern ini, Tapi saya tidak tau nama patternnya. Ilmu per-zentangle-an saya masih cetek. Istimewa bukan? :D

Mumpung masih bulan Syawal, perkenankan saya mengucapkan

Selamat Idul Fitri
Mohon maaf lahir dan batin
Kosong-kosong lagi ya