Dec 29, 2012

Boneka Pengantin Modern dari Kain Flanel

Kali ini iseng bikin sepasang pengantin modern dengan gaun putih dan hiasan bunga di rambut. Pengantin prianya memakai jas hitam dengan dasi kupu-kupu. Saya masih suka dengan rambut kriwil-kriwil dari benang wol. This is it.....  




Dec 14, 2012

Tentang Kritik dan Saran

Sebelumnya, saya minta maaf jika ada kesamaan kisah dan merasa tersindir apalagi tersinggung.


Media Sosial Facebok. Update Status. “Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan bersama… bla…bla…bla…”. Post. Terbaca (secara sengaja atau tidak) oleh pengguna yang lain. Jika status di wall pribadi, mungkin hanya teman saja yang membacanya. Membaca sepintas, jika tidak terlalu kenal, ya dilewati dan berlalu begitu saja. Terlupakan. Jika status di tulis di sebuah grup, pastilah ada beberapa pasang mata yang membacanya. Soal komentar, jika memang perlu ya dikomentari, jika tidak ya cukup jadi silence reader.

Seseorang yang dengan berbesar hati menuliskan status tentang kritik dan saran ada baiknya menanggapi dengan bijaksana. Iya, memang benar, terkadang kritik itu terlalu pedas. Dan saran itu mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, apa yang kita pertimbangkan. 

Dari tanggapan tentang kritik dan saran yang menghampiri, tentulah sedikit banyak bisa terdeteksi karakter seseorang dalam bersikap. Meskipun terkadang bahasa tulisan menimbulkan banyak persepsi dan pemahaman. Level kebijaksanaan seseorang juga bisa dilihat dari tanggapan mengenai kritik san saran.

Menurut saya pribadi justru jika orang lain mengkritik dan memberi saran, berarti dia masih peduli dan mengharapkan orang tersebut menjadi manusia yang lebih baik. Kalaupun disampaikan dengan bahasa yang kasar, ya tetep diterima. Toh, nggak semua orang punya kemampuan merangkai kata menjadi kalimat indah sehigga kritikan mengena tapi tidak menyakitkan.

Status dihapus setelah mendapat banyak kritik pedas berbagai merk? Persepsi setiap individu akan berbeda dalam menilai sifat dan sikap Anda.

Jadi, jika Anda tidak siap menghadapi kritikan secara terbuka, lebih baik tidak membuat status permintaan kritik dan saran. Heheheee…. Malu dong jika terpaksa memperbarui status, "kritik dan saran mohon disampaikan secara pribadi dengan menemui saya".  What?????????????? 

Emosi membaca kritik pedas? Ya itu tergantung bagaimana Anda mencerna dan memikirkannya dan melihat kritik dari sudut pandang siapa. Jika ego masih mempimpin, jangan berharap dapat menerima kritik dan saran . 

Saya pribadi belum pernah meminta kritik dan saran secara terbuka di sosial media, karena saya belum siap. Masih meminta kritik dan saran  kepada keluarga dan sahabat dekat.

Mendung begini, ngemil kritik apa yang enak? Maicih, Kritik Setan atau Kritik Singkong original?

Dec 9, 2012

Domba-Domba "Suara Rumput Liar"

Eitts... mereka ini bukan shaun the sheep loh. Meski sama-sama domba, domba-domba yang ini asli buatan Indonesia. Cerita empat domba ini karya Acheng Watanabe. Dibalik tampangnya yang imut-imut, domba ini cerdas dan kerap mengusung tema yang lagi jadi trending topic di negeri ini. The Real Suara Rumput Liar terdiri dari : 

[nama dan penjelasan karakter saya copy dari fan pagenya]


1. Nama : Albert Liebarary
Panggil : Albert 
Lahir di perpustakaan saat ibunya yg sedang hamil terjebak badai. paling cerdas dan bijak di antara domba-domba di padang rumput liar. Gila membaca, selain membaca buku, dia juga membaca pikiran. Hampir semua pertanyaan bisa ia jawab. kecuali pertanyaannya sendiri. Karakter ini terinspirasi dari kejeniusan Albert Einstein.

Quote : Tidak ada pertanyaan yang bodoh, yang bodoh adalah orang yang malu bertanya karena takut dibilang bodoh.


2. Nama : Karjohno
Panggil : John 
Kalo bayi lain lahir langsung nangis, tidak demikian dgn John, dia begitu lahir langsung ketawa. Diadopsi dari sebuah peternakan domba di Australia. dibawa ke Endonesa utk dikembang biakan krn dianggap species langka. Domba paling gila, usil dan ceria di antara domba-domba lain ini punya banyak ide-ide gila, ide-ide yang bahkan tak pernah terpikirkan oleh orang-orang gila. karakter ini tidak terinspirasi dari siapapun tapi ini adalah gambaran diri saya yang sebenarnya. :D

Quote : Dalam sebuah kegilaan ada sebuah kebahagiaan yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang gila.



3. Nama : George Espero (diplesetin jadi Sparo, krn otaknya hanya separo jadi agak o'on.) 
Panggil : George
George lahir tepat di hari dan tempat yang sama dgn Albert, bedanya Albert lahir di dalam perpustakaan sedang George lahir di halaman perpustakaan, ibunya sedang berteduh di bawah pohon saat George lahir, begitu lahir tuh pohon ambruk dan buah pohon menghantam kepala george. George terlahir dgn tanda lahir di hidung, yaitu ingus meler. Karakter ini terinspirasi dari ke o'on nan George of the jungle.

Quote : aku tak peduli seberapa besar ukuran otakku yang aku risaukan seberapa besar ukuran hatiku.



4.Nama : Jacka Pamungkas
Panggil : Jack
Dinamai Jacka Pamungkas krn dia adalah hasil kloning pertama dan terakhir. Dipanggil Jack Setengah krn, kurang sedikit saja otaknya sudah mendekati ambang batas kegilaan. Diantara keempat domba yang saya punya, dialah domba yang paling bengal dan ceplas-ceplos. Walaupun bengal tetapi dia rasa kepeduliannya tinggi. Kenapa saya menambahkan rokok pada dirinya, karena selain untuk memperkuat karakter kebengalannya juga untuk menujukan bahwa rokok adalah teman bagi sebagian orang-orang. Karakter ini terinspirasi dari tokoh Jack sparrow di film pirates caribbean.

Quote : Sebagian yang aku katakan adalah kebohongan, sebagian yang aku lakukan adalah kebrengsekan. Sisanya adalah kebaikan kupersembahkan kepadamu.


***
Saya suka sama domba-domba ini, dan saya pun membuatnya dalam bentuk boneka dari kain flanel. Boneka-boneka saya juga imut kan? :D Saya paling suka George. Memang sih karakternya agak oon, tapi justru dari ke"oon"annya, memancing pemikiran yang cerdas.

Albert

George Sparo

Jack Setengah

Karjohno


Perbandingan komik dan boneka

The Real Suara Rumput Liar

Jadi, kalau ada waktu berkunjunglah ke fan pagenya dan temukan kelucuan-kelucuan mereka.

Dec 6, 2012

Little Angel di Bulan Desember

Desember ini ada teman yang minta dibuatin malaikat kecil untuk dipasang di pohon natal. Saya membuatkannya sepasang dengan warna rambut yang berbeda, merah dan kuning. Sama-sama imut dan unyu bukan? :D







Kalau ada yang berminat, boleh kok pesen juga. Warna bisa request. Sms aja ke 08978095640.

Dec 1, 2012

Chibi Chibi HaHaHaHaHaHa

Chibi Chibi HaHaHaHaHaHa. Selamat datang Desember.

Xixixixiiii... seneng deh ada yang minta dibuatin boneka flanel. Request kali ini tentang Cherrybelle. Iya sih, cherrybelle memang lagi naik daun. Sering tampil dimana-mana. Iklannya juga bejibun tuh. 

Semangat!!! Pertama pastinya browsing tentang gaya penampilan dan anggotanya. Sembilan cewek ini selalu pake rok pendek dengan pola potongan baju yang mirip. Kadang warnanya sama, kadang beda-beda namun selalu seragam. Yang beda hanya aksesoris di kepala. Berbekal sedikit pengetahuan itu (kalah dibanding para fans mereka), maka saya buat coret-coretan desainnya. 


Nah, setelah ada sedikit gambaran boneka yang akan dibuat, maka mulailah saya bekerja. Pertama gunting kain sesuai pola dari kepala, badan dan tangan. Jahit menjahit dan mengisinya dengan dakron dan dilanjutkan dengan memasang rambut dari kain wol. Yang paling ribet itu bikin tangannya. Selain karena ukurannya kecil, jumlahnya juga lumayan, sembilan pasang. 




Alhamdulillah, selesai juga. Sebelum dianter ke pemesan, pastinya dilakukan sesi pemotretan dulu dong :D

Cherrybelle
Sekarang, kita kenalan dulu yuk sama personil Cherrybelle.

Angel Chibi 
Annisa Chibi
Cherly Chibi
Christy Chibi
Feli Chibi
Gigi Chibi
Kezia Chibi
Ryn Chibi
Steffy Chibi
Dan yang paling membahagiakan ialah, pemesan suka dengan hasilnya.

Nov 29, 2012

Boneka Betawi dari Kain Flanel


Hallo, hallo, hallo, selamat siang. Nggak terasa udah kamis aja. Kali ini saya berhasi membuat boneka adat versi Betawi. Yang perempuan pake kerudung. Rambutnya masih dari benang wol. Heheee... jadi total saya sudah membuat empat pasang boneka adat dari sebelas yang disediakan buku Boneka Nusantara dari kain felt karya Eka Yunita. Masih kurang tujuh pasang lagi. Semangat....

Nov 26, 2012

Boneka Viking

Saya sesekali suka membuka craftgawker.com situs bagi para crafter dunia. Hasil karyanya bagus-bagus, kadang unyu-unyu. Menginspirasi banget deh. Nah, waktu itu secara kebetulan liat boneka viking di blognya hezzahvife. Si ibu ini membuat boneka viking untuk keponakannya yang berulang tahun. Bonekanya lucu dan besar banget. Kalau saya sih nggak terlalu pandai menjahit, jadinya nggak pengen bikin yang sebesar itu. Jadinya saya buatlah versi flanel dan kecil. Tingginya kurang lebih hanya 13 cm. Bentuk badan sama kepala memakai pola boneka adat yang saya buat tempo hari, trus kumis jenggot dan topi menyesuaikan ala viking. Nah, ini dia hasilnya :D 


Boneka Maluku dari Kain Flanel

Ada koleksi boneka baru lagi nih. Bahannya masih dari kain flanel. Ceritanya dari Maluku. Cantik dan ganteng kan?

Nov 24, 2012

Boneka Papua dari Kain Flanel

Jadi begini. Seharian penuh, saya berusaha membuat boneka flanel nyontek bukunya Eka Yunita seperti cerita saya sebelumnya. Jiplak pola, potong kain sesuai pola dan menjahitnya.  Hummmm... lumayan ribet sih.Tapi suka dengan hasilnya. Menurut saya bagus kok, hahhaaaa.... Ya iya lah, hasil karya sendiri. Yang agak njelimet itu pas bikin rambut kriwil-kriwil dan baju rumbai-rumbai dari tali rafia. Mesti bikin satu persatu, tempel. Maaf, nggak menyediakan tutorial karena saya  lagi dalam proses belajar. Mungkin kalau sudah mahir, saya bisa berbagi cara membuatnya. Atau bisa beli bukunya.

Tarrrraaaaaaaaaa.... ini dia penampakannya.



Exotic Papua

Kalau berminat boleh pesen loh. Hubungi 08978095640

Belajar Membuat Boneka dari Flanel

Jadi kegiatan saya setelah resign dari perusahaan adalah ngurus calon bayi. Banyak istirahat, banyak makan dan banyak berdoa semoga persalinan nanti lancar dan normal. Ibu dan anak sehat semua. Tapi kadang bosen juga sih, meski saya tidak pernah menyesal mengambil keputusan resign. Nah, secara kebetulan saya nemu buku yang sudah saya beli sekitar 3 atau 4 tahun lalu dan nganggur. Buku karangan Eka Yunita terbitan gramedia ini  berjudul Boneka Nusantara dari Kain Felt. Berisi 11 boneka kreasi dari Sabang sampai Merauke : Aceh, Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, Madura, Kalimantan, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua. Bonekanya unyu-unyu gitu deh. Dalam buku ini juga disediakan pola dan tutorialnya. Jadi, saya tinggal jiplak pola, bikin pola, gunting, jahit dan lem. Agak ribet sih buat pemula seperti saya. Tapi seru :D. Ntar kalau sudah jadi saya akan post hasilnya. Semoga imut seperti yang ada di buku.

Nov 15, 2012

Selamat Tambah Tua

:D Selamat tambah tua... Iya, ucapan itu yang banyak saya dapatkan hari ini. Huhuhuuuu... saya memang bertambah tua. Hari ini saya tepat berumur 28 tahun. Udah tua yak. 

Ulang tahun saya kali ini bertepatan dengan tahun baru hijriah 1434. Semoga semangat tahun baru juga memberi semangat untuk lebih mensyukuri hidup. Ulang tahun saya ke 27 bertepatan dengan hari pernikahan. Sedangkan ulang tahun ke 28 tahun ini bertepatan dengan 7 bulan kehamilan saya. Seneng deh. :D

Harapan saya semoga senantiasa diberikan keberkahan, kesehatan, keselamatan, kebahagiaan dan kelancaran rezeki. Semoga saya juga bisa menjadi istri dan ibu yang baik untuk suami dan anak-anak. Aamiin aamiin aamiin.

Terimakasih untuk semua ucapan dan doanya baik langsung, telepon, sms ataupun ucapan di fb. Semoga sukses untuk kalian semuanya.

Selamat ulang tahun buat saya dan untuk teman-teman yang berulang tahun hari ini, 15 November. Dan selamat tahun baru 1434 Hijriah. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Oct 12, 2012

Mangga, Dibuang Sayang

Jadi begini, di belakang rumah ada satu pohon mangga yang kelewat cukup umur sebenarnya. Pada umumnya, mangga cangkok akan berbuah dalam 2 atau 3 tahun masa tanam. Nah, yang dibelakang rumah itu udah berusia sepuluh tahun. Ditanam bersamaan waktu pindah rumah. Mau di tebang, kok sayang banget. Sudah besar, rimbun dan subur.

Tahun kemarin sudah berbuah sih, namun hanya hitungan jari. Sedangkan tahun ini, buahnya lumayan banyak. Suka aja ngeliatnya. Yang posisinya paling tinggi, nggak terjangkau galah, dan jadi makanan kelelawar dan ulat. Nggak tau sih jenis mangga apa. Kalau mangga muda berasa asam, wajar banget kan? Tapi yang ini, udah matangpun tetep berasa asam. Meskipun warna buahnya udah oranye menggiurkan, tetep saja asam. 


Agak mubazir sih sebenarnya. Berhubung saya hamil muda waktu mangga itu mulai berbuah tahun ini, alhasil hanya saya memanfaatkannya. Seger-seger asem gitu deh. Dibikin rujak siang-siang panas, enak. Mangga muda saya kupas, cuci dan iris kecil-kecil seberti batang korek api. Trus sambalnya sederhana, hanya terdiri dari cabai, garam, dan gula jawa. Cabai yang dipakai sesuai selera. Kalau saya suka perpaduan cabai rawit dan cabai merah. Pedasnya nendang. Setelah bahan-bahan sambal dihaluskan, tinggal campur dengan irisan mangga muda tadi. Masukkan ke dalam kulkas dulu satu atau dua jam supaya dingin dan sedikit berarir. Wuih, mantab.




Buah mangga di pohonnya masih banyak, ada yang mau?

Sep 7, 2012

Bahasa Singkat Multi Tafsir

Kemarin siang pak bos tiba-tiba ym "bon tgl brp?"

Dan dengan PeDe sePeDe PeDenya, saya jawab "Masih (sekian) juta, dengan rincian A (sekian) juta, B (sekian) juta, C (sekian) juta bla bla bla." Saya menafsirkan bon (kasbon) tinggal berapa? Saya berpikir nominalnya.

Beberapa saaat kemudian, Pak  Bos ym lagi "Kita ngeluarkan bon tanggal berapa?"
Hahaaa...hadeh.... penulisan singkat memang kadang menimbulkan multitafsir. 

Kalau untuk masalah yang saya alami mungkin tidak seberapa efeknya, hanya berasa tulalit saja di depan bos. Nah, kalau masalahnya agak-agak rawan, ya bisa berabe. Jadi sebisa mungkin, menulis memang tidak disingkat. Tanpa disingkat saja, bahasa tulisan kadang menimbulkan banyak pemahaman. Sering kan timbul kendala atau masalah hanya karena salah menafsirkan isi pesan singkat? Saya pernah :D

Sep 5, 2012

Seniman Kertas

Entah sejak kapan saya jatuh cinta pada kreasi kertas. Dari mulai origami sederhana hingga kreasi kertas tingkat tinggi. Tapi entah kenapa saya tidak terlalu suka dengan papercraft, dimana pola berwarna dicetak pada kertas, kemudian digunting dan dirangkai. Beberapa seniman yang berkecimpung di dunia kertas yang saya tau dan saya suka karya-karya mereka diantaranya adalah:

1. Su Blackwell
Seniman kertas ini berasal dari Inggris. Wanita berbakat yang menginspirasi saya untuk memanfaatkan koran atau buku bekas. 


Untuk melihat karyanya yang lain bisa mengunjungi situsnya di www.sublackwell.co.uk

2. Zoe Bradley
Wanita yang satu ini hobi banget bikin baju dari kertas. Dan hasilnya WOW. Sebenarnya, tidak semua karya Zoe Bradley berupa baju. Karya yang paling saya suka adalah  gaun terbuat dari 3.000 origami mawar merah yang dipamerkan di New Town Plaza.


Untuk melihat karyanya bisa mengunjungi situsnya www.zoebradley.com

3. Calvin Nicholls
 Kalau sekilas dilihat, nggak nyangka loh jika karyanya berbahan dasar kertas. Kertas dengan imajinasi dan kreatifitas menghasilkan karya yang luar biasa. Calvin berasal  dari Kanada dan sudah menggeluti dunia kertas sejak lama.


Untuk melihat karyanya bisa mengunjungi situsnya www.calvinnicholls.com


Masih banyak seniman-seniman kertas berbakat lainnya termasuk dari Indonesia tentunya.

Aug 28, 2012

Rare Beast - Binatang Langka yang Membawa Petaka

Judul        : Rare Beast
Penulis      : Charles Odgen
Penerbit   : Matahati
Halaman   : 159 halaman










Edgar dan Ellen adalah sepasang anak kembar yang tinggal di sebuah rumah kecil, tinggi dan kelabu memberi kesan tidak terawat di daerah Nod’s Limb. Edgar dan Ellen terkenal karena kenakalannya. Setiap hari ada saja keisengan yang mereka lakukan. Kedua kembar ini berbeda dengan kebanyakan anak-anak di Nod’s Limb. Pada musim panas, mereka malah menghabiskan waktu bermain petak umpet di rumahnya. Tentu saja petak umpet in berbeda. Permainan akan berakhir jika salah satu sudah “menaklukan” yang lain setelah menemukannya, artinya mereka harus bergulat terlebih dahulu.

Jika sudah bosan saling menganggu dan menggoda, mereka akan mempermaikan Pet. Pet adalah biantang peliharaan Edgar dan Ellen. Pet tidak tampak seperti binatang lain. Tidak punya sisik atau bulu. Badannya hanya terdiri dari gulungan rambut panjang berwarna gelap mirip seperti rambut palsu usang dan kotor. Hanya memiliki satu mata berwarna kuning di atas tumpukan rambut itu. Bosan dengan permainan yang sama setiap hari membuat Edgar dan Ellen mencari ide lain. Namun, ide-ide mereka berdua memerlukan biaya dan uang unutk membeli peralatannya.

Suatu hari tanpa sengaja, Edgar dan Ellen melihat acara televisi yang membahas tentang binatang langka dan eksotis. Seketika, Edgar dan Ellen mendapat ide untuk berjualan binatang langka. Namun, darimana mereka berdua mendapatkan binatang langka tersebut? Berhasilkah mereka memperoleh banyak uang? Baca sampai tuntas ya! Akan diceritakan kenakalan yang dilakukan hingga akhirnya mereka mendapatkan akibat dari kenakalan itu. Sungguh, binatang langka yang membawa petaka.

Cerita si kembar yang super bandel ini mudah untuk dipahami. Cerita anak? Menurut saya tidak. Kenakalan yang tidak wajar untuk anak-anak berusia 12 tahun. Namun, tetap saja ada pelajaran yang bisa diambil di akhir buku. Setiap perbuatan akan mendapat balasan. Namun, jika anak-anak membaca buku ini, sebaiknya tetap didampingi orang tua.

Beberapa kutipan kenakalan Edgar dan Ellen.

“… Waktu kau sibuk dengan Nyonya Tukang Susu, aku ambil beberapa obat urus-urus – yang kau curi dari Heimertz – dari tasmu dan mencampurnya dengan segelas air. Obat itu membuat air keruh seperti susu dan cukup untuk membuat dia bolak-balik ke kamar mandi!”

**
Pak Crapple berjalan sambil menjaga keseimbangan, dan kakinya bergetar karena berat. Petuga pos itu berjalan dengan goyah ke kiri dank e kanang seraya tulang punggungnya berkertak tiap kali bergerak. Edgar memasukkan batu ke dalam tas Pak Crapple.

**
Dengan cepat Ellen mengikat Edgar yang berusaha melawan, lalu naik ke atas meja dan beridiri di atas badan Edgar. Dengan jelas Edgar bisa melihat benda yang dipegang kakaknya. Bandul tajam berbentuk setengah lingkaran di salah satu ujung tali emas. Edgar tahu benda itu; dialah yang merancang alat itu untuk memotong bendera-bendera partai politik selama masa kempanye di Nod’s Limbs. Ellen memegang tali bandul di atas adiknya lalu dia ayunkan pelan-pelan. Besi tajam berbentuk bulan sabit itu berayun dengan teratur. Ellen tersenyum sambil sedikit demi sedikit mengulurkan tali, membuat bandul itu turun beberapa sentimeter


 Rate: 2.5/5

Aug 11, 2012

Skripsi, Lulus, Revisi, Selesai :D

Lega rasanya begitu mendengar "Anda dinyatakan lulus".
Antara senang dan lega. Bersyukur, satu tahap telah terlewati. Sidang skripsi dilaksanakan Senin kemarin tanggal 6 Agustus 2012. Deg-degan pas memasuki ruangan. Tapi semua berjalan lancar. Alhamdulillah.

Sore itu, saya tidak sendirian. Ada dedek yang menemani ibuknya melalui semua itu. "Makasih ya dek".

Jumat kemarin, revisi sudah selesai. Beban di pundak serasa diangkat. Wah, bahagia sekali. Tinggal menikmasti libur lebaran dengan tanpa beban.

Lanjut S2? Nanti dulu deh, mau santai sejenak menunggu kelahiran dedek yang udah ditunggu-tunggu selama hampir setengah tahun.

Jul 30, 2012

Kolak Gratis Berhadiah

Senin minggu lalu, ada keramaian di depan kantor, tepatnya depan kantor BPR. Kebetulan sekali kantor BPR Gunung Rizki bersebelahan dengan tempat saya bekerja. Ada mas-mas dan mbak-mbaknya lagi bagi-bagi kolak. Kalau bulan Ramadhan seperti saat ini, memang banyak kan ya yang bagi-bagi kolak atau nasi. Nah, kalau yang ini agak beda sih. Judulnya Kolak Gratis Berhadiah 2012. Ha...? Beneran itu?

Ya itu sih yang diteriakkan para karyawannya. Kendaraan yang melintas dihentikan untuk dibagi kolak gratis. Tapi ada acara nulis2 kupon segala. Di kupon itu mencantumkan nama, alamat dan no henpon. Dari informasi, kupon akan diundi setelah lebaran nanti. Kalau biasanya, kita dapat kupon doorprize jika kita membeli produk-produk tertentu selama periode tertentu pula. Nah, kalau ini nggak perlu beli produk, malah dikasih kolak.

Hadiah yang akan diundi berupa:
1 buah kulkas
2 buah DVD Player
3 buah Kipas Angin

Lumayan sih kalo bisa dapat salah satunya :D 
*berdoa

SRC Juli Tertunda

Seharusnya buku Juli yang sudah saya targetkan untuk dibaca dan direview selesai. Namun, banyak sekali kendala di bulan ini. Bahkan, belum sepat tersentuh sama sekali. Ya sudahlah, jadwal mundur saja. Entah kapan selesainya :D

Target buku saya bulan ini berjudul The Expected One karya Kathleen McGowan.

Permusuhan Politis, Cinta Segitiga yang Rumit dan Misteri Injil Tulisan Maria Magdalena.

Tagline yang ada di covernya. Kalimat yang menarik bukan? Sepertinya seru. Tapi tebelnya, ampun dah. 600 halaman lebih. Tapi, harusnya seminggu juga udah kelar itu. 

Semangat. Tinggal sehari lagi dari deadline :D

Jul 25, 2012

Kado Indah di Bulan July

Membahagiakan sekaligus mengharukan. Akhirnya Allah memberikanmu di bulan ke enam pernikahan. Seorang janin kini mulai tumbuh dalam rahim saya. Senang sih, tapi jadi harus lebih extra hati-hati. Dulu, saya tipe orang yang gedebugan,pencilakan sana-sini, kini harus bisa meredam diri. Tenang.

Saya pikir, hamil akan sangat "merepotkan" dimana setiap hari mengalami morning sick atau lebih parahnya nggak doyan makan. Kan banyak tuh, teman-teman yang gitu. Alhamdulillah, dede baik hati. Emaknya nggak dibikin repot dengan acara mual-mual, muntah-muntah maupun nggak nafsu makan. Emaknya tetep bisa bekerja, tetep bisa beraktifitas seperti biasa. Hanya saja nafsu makannya sedikit bertambah. Nggak ding, bukan sedikit tapi banyak. :D

Memasuki bulan Ramadhan, dede juga baik baget. Emaknya masih bisa menjalankan puasa dengan lancar. Ya walapun kadang-kadang dede rewel juga, tapi di elus-elus sebentar juga udah tenang. 

"Adik pinter. Semoga jadi anak soleh/solehah ya nak".

Jul 6, 2012

Boneka Flanel Babi

Ini kelanjutan dari boneka keledai beberapa waktu lalu. Masih seputaran flanel dan ebook gratisan. :D

Ini aslinya
 
















Ini polanya


 
Ini cara buatnya


 

Dan ini hasil tangan saya. Nggak mirip sih, tapi tetep unyu kan? :D Dengan tambahan pita pink, jadi lebih cantik.


Jun 29, 2012

Selimut Debu - Menyibak Cadar Negeri Cantik nan Memikat



Judul          : Selimut Debu
Penulis        : Agustinus Wibowo
Penerbit     : Gramedia

Halaman     : 461 Halaman





Disini semua mahal. Yang murah cuma satu: nyawa manusia.
Itulah sepenggal kalimat pembuka yang ada di cover buku setebal 461 halaman. Apa yang kali pertama terlintas dalam otak jika mendengar nama Afganistan? Taliban? Negara penghasil opium terbesar? Ataukah negeri perang dengan wanita tertutup burqa? Afghanistan bukan hanya sekedar itu.

Saya mengenal Afghanistan hanya sebatas informasi dari televisi maupun internet. Afghanistan mulai terkenal ketika  Amerika Serikat menyerang Taliban atas tuduhan serangan 9/11. Sejak itu, Afghanistan identik dengan pertempuran, kemiskinan, dan keterbelakangan. Namun, Afghanistan bukan hanya sekedar itu.

Agustinus Wibowo menjelajah Afghanistan, sebuah negara yang tidak populer di kalangan backpacker maupun traveller. Namun Agustinus Wibowo justru menikmati perjalanannya. Afghanistan, negara di Asia Tengah yang berada di antara negara-negara pecahan Rusia yang berakhiran stan seperti Tajikistan, Turkmenistan, Pakistan dan stan-stan yang lain. Afghanistan, negeri yang penuh ironi. Perang melanda, selimut debu membungkus, ranjau mengancam, tetapi masih ada tawa bahagia di tengah kerontangnya padang ketika para penjinak ranjau kegirangan menemukan ranjau. Ranjau memang masih tersebar di negeri ini. Tidak sedikit rakyat Afghanistan terkena dampaknya yang menjadikannya negara dengan penyandang cacat terbesar di dunia.

Kemewahan bangunan di Kabul kontras dengan jalan becek dan hancur berlimbah lumpur di hadapannya. Sebuah kontras yang mewarnai negeri. Lebih jauh ke pedalaman Afghanistan, Agustinus menemukan wanita-wanita dalam pakaian warna-warni bebas melakukan aktifitas tanpa burqa.

Dalam buku ini, Agustinus mengajak kita berkelana menyusuri sisa-sisa kejayaan agama budha di Bamiyan, menyelami karakter penduduk Afghanistan yang multietnis, meminum teh cara Persia, menginap di samovar, bertemu wanita-wanita "tanpa identitas" dalam balutan burqa, menengok industri senjata yang menjadi industri rumahan hingga bermain dengan selonsong peluru. Sebagian besar penduduk Afghanistan sangat menghormati musafir. Mereka tetap memuliakan tamu meski hidup dalam keterbatasan. Memang sih, tidak selalu mulus penjelajahan Agustinus Wibowo. Dari kekurangan uang, kecopetan, percobaan pelecehan, transportasi yang susah nan mahal, hingga birokrasi yang njelimet. Namun, itulah seni berpetualang dan mengekplorasi.
Buku ini dilengkapi dengan peta Afghanistan agar pembaca bisa mengikuti alur perjalanan, tidak dengan mengandalkan imajinasi belaka. Beberapa foto membenarkan keindahan yang telah dituliskan Agustinus Wibowo. Sungguh negeri yang cantik. Benar, Agustinus Wibowo bukanlah seorang backpacker, melainkan explorer. Seperti yang tertulis pada kata pengantar di awal buku.


Rate: 4.5/5

Jun 26, 2012

Boneka Flanel Keledai

Siapa bilang saya sibuk di bulan Juni ini? Buktinya masih bisa membuat boneka flanel yang njelimet itu. Berawal dari nemu ebook membuat boneka di sini, saya jadi coba-coba ikutan buat. Kan di situ udah ada polanya, jadi tinggal cetak, trus gunting-gunting, lanjut jahit-jahit.

Kalau malas menuju di TKP, ini dia polanya dan langkah-langkah membuatnya.



Pola yang ada di ebook sedikit mengalami penyesuaian pada ukuran. Saya membuatnya lebih kecil sedikit, supaya bisa dijadiin gantungan kunci. Aslinya sih pakai kain buat boneka yang lembut itu, berhubung hanya punya kain flanel ya akhirnya pakai yang ada saja.

Ini dia si keledai flanel. Bagus kan? *PeDe*


Jun 18, 2012

Dompet Koin Flanel - Lady Bug

Kali ini bikin dompet koin bentuknya kepik atau lady bug. Cara membuatnya masih sama kok dengan si kelinci, singa, dan panda tempo hari. Malahan, yang ini lebih mudah karena polanya hanya dua buah lingkaran besa ditambah lingkaran kecil-kecil. Jahit, pasang resleting, jadi deh.


Boleh pesen loh. :D

Jun 7, 2012

Lomba Menanam Cebe

Pepeng Escoret ngadain lomba. Judulnya lomba menanam cabe dengan hestek #CabePepeng. Seru aja sih ngikut lomba ini, biar ada semangat buat menanam lagi. Maklum, akhir-akhir ini sedikit sibuk, jadi lahan di samping rumah hanya ada tanaman kemangi, sereh, jeruk nipis, dan rumput tentu saja.

Kalau yang mau ikutan, silahkan menuju tekape untuk info lebih lanjut tentang tata cara dan krtiteria penilaian. Menanamnya dibatasi empat biji cabe rawit saja. dalam waktu  3 bulan.

Saya mulai menanam kemarin, Rabu 6 Juni 2012. Kita tunggu 2 minggu lagi, apakah tumbuh subur atau malah mati. Semoga cepet tumbuh. :D Sementara pakai bekas air minum gelas, ntar kalau udah agak besar baru dipundahkan ke pot atau tanah.





*Tebarmantrapenyuburtanaman