menubar

Sep 1, 2011

Idul Fitri 1432H

29 Agustus 2011
Aktivitas dapur sudah dimulai. Kompor sudah dinyalakan. Ketupat dan lontong sudah dimasak. Mentog sudah disembelih dan dicabut bulunya, dipotong-potong, dan dibumbui. Dan mentog pun menjadi hidangan opor pelengkap ketupat. Nastar sudah mengisi toples-toples bersama kue-kue yang lain. Hari itu, semuanya bersemangat menyambut Idul Fitri. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Sehari sebelum Idul Fitri tiba, dapur menjadi rame. Indahnya lebaran.

Tapi ada sedikit kekhawatiran. Meskipun hampir tiap tahun selalu ada perbedaan di negeri ini, tapi tahun ini terasa beda. Lebaran selasa atau rabu? Kalaupun tahun ini berbeda lagi, biasanya puasa pun dimulai pada hari yang tidak sama, selisih satu hari. Nah, tahun ini pemerintah dan Muhammadiah memulai puasa di hari yang sama tetapi ber-Idul Fitri di hari yang berbeda.

Sore hari, semuanya sudah siap. Tinggal menunggu waktu berbuka puasa di hari terakhir. Sudah menjadi tradisi, kami selalu berbuka puasa dengan ketupat. Dan akan makan ketupat lagi esok hari setelah sholat Ied. 

Pemerintah mengumumkan secara resmi bahwa Idul Fitri jatuh pada hari Rabu 31 Agustus 2011 pada malam harinya. Loh? Kok lebarannya mundur. Padahal di kalender tanggal 30 kan? Ya... ada kesempatan satu hari lagi untuk berpuasa.

30 Agustus 2011
Belum pernah ngalamin kejadian seperti ini. Makan sahur dengan menu ketupat dan opor. Agak sedikit nggak enak sih. Nggak nendang. Kan biasanya makan nasi. :D

Siang hari harusnya sudah berkeliling halal bihalal sesuai rencana. Tapi siang itu diisi dengan tiduran di rumah. Mau jalan-jalan kok ya masih puasa. Panas pula. 

Dan hari itu panas banget.

Malam harinya, takbir berkumandang. Seluruh mushola dan masjid saling bersahutan mengagungkan Allah SWT. Nggak terasa tiga puluh hari telah dilalui. Berpisah dengan Ramadhan, bulan penuh ampunan, berkah dan diskon.

31 Agustus 2011
Sholat Ied di masjid agung Jawa Tengah. Dilanjutkan dengan bermaaf-maafan. Dan makan-makan lagi.

Idul Fitri, semoga kembali fitrah. Diampuni segala dosa, dan diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan tahun depan.






SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432H
MINAL AIDZIN WAL FAIZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
~ Danie ~





No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)