menubar

Nov 18, 2016

Postcard from Poland - Gdansk View

Betul sekali, kartu pos ini menempuh perjalanan yang lumayan lama. Enam puluh empat hari itu lumayan lama loh. Tapi syukurlah, dia menemukan alamat rumah saya. Pasti lelah ya lama di perjalanan.
 
Panorama kota Gdansk. Bagus ya. Warnanya semarak bikin semangat. Merupakan kota pelabuhan terbesar di Polandia. Terimakasih Daria untuk kartu posnya.
 

 
 
Sejarah (sumber: wikipedia)
  • Abad ke-7: Gdańsk dikenal sebagai perkampungan nelayan dan dikembangkan menjadi pusat perdagangan yang penting karena letaknya yang strategis.
  • Abad ke-10: Tahun 997 dinyatakan sebagai tahun kelahiran Gdańsk. Pada saat itu, misi Katolik pertama dibawa oleh Uskup Praha, Adalbert, ke desa nelayan kecil di Gdańsk.
  • Abad ke-13: Ksatria Teuton membuat serangan berbahaya ke Gdańsk tahun 1308. Pada tahun 1361, Gdańsk bergabung dengan aliansi ekonomi Hansa dan menjadi kota pelabuhan yang makmur.
  • Abad ke-15: Polandia-Lituania mengalahkan Ksatria Teuton pada Pertempuran Grunwald pada tahun 1410 dan menghentikan ekspansi Jerman.
  • Abad ke-16: Masa keemasan Gdańsk sebagai kota pelabuhan dan pusat perdagangan serta budaya.

No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)