May 22, 2017

Freezer ASIP, Sewa atau Beli Baru?

Buat para ibu pekerja atau working mom, pastinya tetep ingin memberikan asi exclusive-nya buat anak. Ya caranya dengan pumping Asi di sela-sela bekerja. Sekarang sudah banyak perusahaan yang peduli dengan kaum ibu macam saya. Perusahaan menyediakan ruang laktasi yang dilengkapi dengan kulkas pendingin maupun freezer. Tapi sayang, ditempat saya bekerja belum ada ruang khusus seperti ini. Jadi ya saya pumping di sebelah ruang pantry yang memang kosong. Kalau freezer jelas ngga ada juga. Saya bawa cooler bag beserta ice gelnya.

Nah, untuk menyimpan ASIP (Air Susu Ibu Perah) ini wajib ada freezer dirumah. Entah yang gabung dengan kulkas atau khusus. Berhubung saya udah nyetok ASIP seminggu sejak Yasmin lahir, stok ASIP saya lumayan banyak. Freezer yang gabung sama kulkas 2 pintu udah ngga muat lagi. Mau ngga mau harus punya freezer khusus.

Foto saya ambil bulan April

Sebaiknya sewa atau beli baru ya?

Setelah saya gugling tarif sewa freezer di Semarang, tidak banyak pilihan. Itu lagi itu lagi yang menyewakan. Harganya 150.000 rupiah per bulan dengan minimal peminjaman 3 bulan. Lumayan juga kan ya? 3 bulan saja sudah harus keluar 450.000 rupiah. Sebagai ibu, pastinya ingin memberikan ASI jangka panjang, minimal sampai 2 tahun. Dengan perhitungan ini, mending saya beli saja. Kebetulan ada info dari teman, elektronik dengan harga agak miring. Kebetulan lagi tokonya deket sama rumah. Ternyata barang-barang yang dijual itu punya cacat fisik jadi enggak bisa dijual di toko dengan harga normal. Ah, cuma baret sedikit di pintunya tak mengapalah. Toh, yang saya butuhkan bukan tampilannya. Saya dapat freezer Toshiba 4 rak dengan harga 1.600.000 rupiah. Lumayan sih. Kalau baru bisa 2 jutaan lebih. Kalaupun bisa bertahan dua tahunan udah untung, daripada sewa.

Jadi, kalau menurut saya lebih murah beli baru untuk pemakaian jangka panjang. Ayuk semangat pumping buat ibu-ibu pekerja yang punya bayi masih nyusu. Nggak ada kata capek untuk anak.

Dan sampai hari ini, stok ASIP saya masih banyak. Masih mikir-mikir buat beli freezer lagi. Mikir biaya listriknya sih.

No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)