Kang Ji-Yun (Han Ji-Min) sosok wanita independen, sukses, dan percaya diri yang merupakan CEO Peoplez, perusahaan head hunting. terkesan tidak punya perasaan ketika “membajak” top talent dari sebuah perusahaan untuk berpindah kerja ke perusahaan klien.
Yu Eun-Ho (Lee Jun-Hyuk) mantan HRD yang menjadi sekretaris CEO Kang. Ganteng, pandai bergaul, ramah, sopan, dan perhatian terhadap orang lain. Dia adalah seorang ayah tunggal, yang juga pandai mengasuh anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Sekretaris Yu mengurus hampir semua keperluan CEO Kang yang ceroboh.
Biasanya CEO single, ganteng, pengertian jatuh cinta dengan sekretaris atau rekan kerja yang cantik. Kali ini dibalik. Sekretarisnya yang ganteng, perhatian, dan bapak idaman banget.
Pusat takdir di drama ini adalah Toko Buku Dodam. Yu Eun-Ho adalah teman pemilik toko. Yu Eun-Ho mendapat pekerjaan di Peoplez karena koneksi dari istri pemilik Toko Buku yang merupakan direktur di Peoplez. Yu Byul (Ki So-Yu), anak Yu Eun-Ho merupakan pelanggan Dodam secara kebetulan bertemu dengan CEO Kang yang juga menyukai buku.
Selain kisah cinta antara CEO Kang dan sekretaris Yu, ada juga kisah cinta sesama rekan kerja. Lucu sih. Malu-malu, takut ketahuan. Saya sih lebih tertarik di cerita headhunternya, karena selebihnya kisah klasik. Jatuh cinta, pacaran, romantis, gombalnya keluar dan sejenisnya.
Headhunter adalah perusahaan, agen, atau perorangan, yang menyediakan jasa konsultasi dan rekrutmen karyawan untuk peran strategis. Berbeda dengan HR yang bertanggung jawab mengisi peran kosong di seluruh departemen/divisi dalam perusahaan, headhunter merupakan spesialis yang ahli merekrut pekerja dengan bidang dan keterampilan yang spesifik. Headhunter disewa oleh perusahaan dan berorientasi pada kepuasan klien sebagai pengguna tenaga kerja. Meski terkesan menjadi penghubung antara calon karyawan dengan perusahaan, sebenarnya mereka bekerja berdasarkan kebutuhan perusahaan klien. Tulisan Dinda Anggita dimuat di employers.glints.com.
Cara kerja headhunter sebagai berikut, masih dari tulisan yang sama.
1. Headhunter menganalisis pasar tenaga kerja, mempelajari tren, dan membuat daftar jenis-jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan saat ini, termasuk pekerjaan yang membutuhkan skill langka.
2. Mereka akan mengidentifikasi orang-orang dengan kualifikasi tinggi untuk pekerjaan tersebut dengan memanfaatkan berbagai sumber dan jejaring.
3. Headhunter melakukan kurasi terhadap bakat-bakat tersebut berdasarkan kemampuan, keahlian, dan pengalaman, kemudian membuat database yang berisi profil kandidat potensial untuk direkrut.
4. Apabila profil yang dibutuhkan klien tidak ada di dalam database, maka headhunter akan mencari di luar, menandai target, dan menyarankannya ke klien.
5. Headhunter akan mendekati kandidat secara personal, berkomunikasi intensif, dan memberikan tawaran pekerjaan dari perusahaan klien.
6. Jika kandidat yang menjadi target sedang bekerja di perusahaan, maka mereka akan bernegosiasi untuk membujuk mereka agar bersedia bergabung di perusahaan klien.
7. Headhunter akan mempertemukan klien dengan kandidat untuk melakukan wawancara dan menyepakati tawaran kerja.
8. Setelah kandidat menjadi karyawan di perusahaan tersebut, mereka mendapat recruitment fee. Fee umumnya dihitung berdasarkan persentase gaji karyawan, sekitar 20%-30% dari gaji karyawan setahun.
Jadi, melihat drama korea juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Jadilah pekerja yang jadi sasaran headhunter, berarti kamu berkualitas tinggi. Bukan kamu yang mencari pekerjaan, tapi perusahaan yang akan mencarimu. Tapi kalau fresh graduate, ya banyak-banyaklah belajar dan mengumpulkan pengalaman. Jangan lupa selalu ugrade diri biar kualitas tetap terjaga.
Love Scout cocok bagi yang suka drakor office romance dengan karakter utama di usia matang.
No comments:
Post a Comment
Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)