menubar

Dec 2, 2023

Perjuangan Fiorenza Melawan DBD



Bersih-bersih draft ceritanya. Late post.

Musim kemarau kali ini luar biasa panasnya. Apalagi kami tinggal di Semarang yang termasuk kota terpanas. Panas, pengennya es teh jumbo yang bertebaran di sepanjang jalan. Tapi ya bikin badan ngedrop. Termasuk Fiorenza.

23 September 2023.
Pagi hari, Fio merasakan kepalanya berat ketika bangun menjelang subuh. Badannya juga panas. Saya berikan paracetamol saja. Paginya, panasnya turun. Siang hari saya periksakan ke Klinik Mardi Mulya. Dokter mendiagnosa radang dan gejala tipes. Diresepkan obat. Kalau radang, biasanya juga cepet sembuh sih. Minggu, panas masih naik turun meresahkan. Pagi hari suhu normal, menjelang sore hingga malam suhu meningkat disertai menggigil.

25 September 2023.
Karena suhu tubuh tidak stabil, saya bawa ke RS Panti Wilasa Citarum. Kebetulan ada praktek Dokter Anak sore hari. Fio diminta untuk lab darah karena khawatir tipes. Setelah hasil lab keluar, tipesnya negatif tapi trombosit rendah, 156 dengan rujukan 150 - 400. Kecurigaan dokter dari tipes berubah ke demam berdarah. Untuk memastikan, harus dilakukan pemeriksaan darah setiap hari untuk memantau trombosit. Dan Fio pun dirawat inap mulai Senin sore itu hingga seminggu.

Setiap pagi, darah diambil untuk dilakukan pemeriksaan. Dari penjelasan dokter, demam berdarah itu ada kurvanya. Trombosit akan menurun terus hiingga hari ke 5 sampai hari ke 6. Hari ke 7 nanti, trombosit akan mulai naik kembali. Obat demam berdarah hanya infus dan banyak makan minum. Jangan sampai dehidrasi dan terjadi pendarahan dalam. Itu yang menyebabkan demam berdarah menjadi fatal. Kalau saya lihat obatnya hanya obat lambung sebelum makan dan penurun panas. 7 hari Fio dirawat. Dihari ke 5 atau 6 (saya lupa) mulai diberikan antibiotik.

Sehari-hari hanya bisa berdoa dan pasrah, dan harus terlihat kuat untuk Fio. Emak harus strong jiwa raga, sehat walafiat meski di dalam rasanya ga karuan.



01 Oktober 2023
Alhamdulillah sudah boleh pulang. Trombosit sudah naik di dua hari terakhir. Hanya perlu pemulihan saja.




04 Oktober 2023
Saya kembali lagi ke dokter Andrew. Jadwal kontrol seharusnya 05 September. Saya majukan karena pasca rawat inap, Fio masih merasa pusing, lemas dan telinganya berdenging. Diresepkan obat lagi. Suhu tubuh beberapa kali masih meresahkan. naik turun seperti sebelumnya.

09 Oktober 2023
Kembali periksa lagi. Keluhan telinga berdenging, panas dan kepala belakang sakit. Dari penjelasan Fio, rasanya seperti ditusuk-tusuk. Dari dokter anak dirujuk ke dokter THT. Sebelumnya dokter Andrew agak khawatir dengan syaraf di otak. CT Scan akan disarankan jika tidak ada masalah dengan telinga Fio. Saya yang syok. Apakah seserius itu. Ya Allah, saya tidak siap dan tidak sanggup. Di Klinik THT, Bu dokter menjelaskan, tidak ada kotoran maupun kerusakan di gendang telinga. Kalau ada suara berdenging, Fio diminta untuk mengabaikannya, jangan mencari dan merasakan dengingan di telinga. Lakukan aktivitas yang membuat agak lupa dengan telinga berdenging. 

Sepanjang siang dan malam hari, badan Fio tidak panas, Kalau sakit di kepala masih sesekali datang. Denging di telinga juga sudah berkurang.

10 Oktober 2023
Fio berangkat sekolah lagi setelah dua minggu lebih tidak masuk. Siang harinya saya ditelpon oleh Wali Kelas untuk segera menjemput Fio karena pusing dan lemas. 

11 Oktober 2023
Fio tidak sekolah lagi. Kepalanya sakit. Ya Allah, berilah kesembuhan dan kakuatan pada Fio. Hati ini beneran sudah tidak sanggup lagi Ya Allah.

DBD, penyakit akibat virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Saya sempat bertanya ke dokter, apakah ada vaksin DBD mengingat ini penyakit yang banyak menyerang terutama di musim panas. Dokter bilang, ada tapi masih baru banget dan di RS itu belum tersedia. Dulu sempat ada vaksin DBD tapi ditarik dari peredaran.

16 Oktober 2023
Seharusnya kami kembali kontrol ke dokter. Alhamdulillah Fio sudah sehat, sudah makan banyak. Tidak jadi ke dokter. Tinggal mengejar ketinggalan pelajaran saja. 

Jaga kebersihan, jaga daya tahan tubuh biar nggak gampang sakit. Btw, di belakang rumah Fio ada sungai. Ketika musim kemarau ya memang airnya sedikit dan pastinya jadi sarang nyamuk.

No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)