menubar

Jun 30, 2011

Spesial Sambal vs Cowek Ireng

Datang, masuk, duduk, pesan makan dan minum.

Sesaat kemudian seorang waitress datang dan berkata jika sambal tomat pesanan saya sudah habis. Oke, saya ganti menu yang lain dengan perasaan sedikit kecewa tentunya. Beberapa waktu kemudian seorang waiter datang lagi dan berkata jika hati ampela goreng habis. Sate usus bumbu kecap pun habis. Hah? Baru jam setengah delapan sudah habis? Habis atau nggak ada? Kecewa bertambah banyak. Dan saya mengganti lagi menu pesanan sambil bertanya pada pelayan itu, "Kalau nasinya masih kan mas?" Hufth... jika saja saya datang sendiri, pasti saya langsung pergi dari tempat itu. Tetapi kali ini saya datang berenam bersama teman-teman. Kesan pertama yang mengecewakan.

Warung makan yang saya ceritakan ini punya merk Cowek Ireng (CI), dan kebetulan berada di Jl. Majapahit didepan pom bensin sebelah ASAYA. Konsep warung ini mirip dengan Spesial Sambal (SS). Dari segi interior ruangan, menu dan ragam sambalnya. Kita bebas memilih padanan lauk dan sambal sesuai selera. Dari segi harga cenderung lebih murah. Jika sambal SS dipatok dengan kisaran harga 2.000 - 3.000 rupiah, di CI berkisar antara 1.000 - 2.500 rupiah. Pilihan sambal lebih banyak SS daripada CI. Untuk lauknya relatif sama yaitu ayam, ikan, telur, tahu, tempe, cumi, udang, lalapan, sayur-mayur dan lainnya. Goreng, goreng tepung, bakar, hampir sama juga. Meskipun tetap lebih banyak pilihan di SS. Citarasa sambalnya pun berbeda. Dari beberapa sambal yang kami pesan, sambal di Cowek Ireng cenderung lebih manis. Tingkat kepedasan juga jauh, sambal SS lebih nendang kemana-mana. Dari segi pelayanan, saya legih suka SS, mungkin karena CI telah mengecewakan saya pada kunjungan pertama.

Meskipun harga di Cowek Ireng cenderung lebih murah, tetap saja saya lebih merekomendasikna Spesial Sambal. Dari segi pilihan menu dan sambal lebih variatif. Dan yang pasti dari segi pelayanan. Kunjungan pertama kecewa, saya akan berpikir lagi untuk mendatangi kedua kalinya. Sedikit lebih mahal tidak jadi soal asal puas.

Spesial Sambal


Cowek Ireng


No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)