menubar

Oct 30, 2015

Seberapa Unikkah Namamu?

What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.

William Shakespeare pernah bilang "Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi".

Nggak penting? Penting banget dong. Nama adalah doa. Doa dari orang tua yang dipanjatkan sejak lahir hingga meninggal kelak. Tren pemberian nama bayi juga mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Kalau dulu, nama menggunakan bahasa daerah itu lumrah, sekarang banyak yang memakai kata-kata dari bahasa asing. Termasuk suami saya memberi nama Fiorenza Adonia Callysta pada anak pertama kami. Oke, saya nggak membahas nama Fio, karena sudah pernah saya tulis artinya di postingan terdahulu.

Jadi nama yang berkesan itu yang unik. Trus nama unik itu apa sih? Kalau menurut saya ya, nama unik itu nama yang tidak biasa, begitu mendengar akan langsung nancep di hati dan pikiran. Jadi, daya tahannya di otak relatif lebih lama. Setidaknya ada beberapa nama yang nancep di otak saya sejak kenalan sampai sekarang. Bukan nama artis ataupun publik figur. Ini saya bagi dua aja ya.
 
1. Sunarti Langsung Seneng
Iya, namanya beneran ada "Langsung Seneng" nya. Waktu itu, pengumuman pelamar kerja yang lolos tes medical dan siap berangkat ke Batam. Saya kira bapak petugas dari Disnaker hanya bercanda ketika menyebutkan satu nama, Sunarti langsung seneng sambil tersenyum. Kemudian bapak itu bilang, namanya beneran langsung seneng loh. Saya? Cuma nganga. Ih, bapaknya keren ya berani ngasih nama anaknya lain dari yang lain. Dan ketika saya sudah mengenalnya, saya baru tahu alasan bapaknya ngasih nama itu. Jadi mbak Narti ini anak perempuan yang dinantikan karena semua kakaknya laki-laki. Sebagai ungkapan kegembiraan, bapaknya ngasih nama Sunarti Langsung Seneng.

2. Mukti Saklawase
Teman saya waktu di Batam dulu, mess nya ada di sebelah mess saya. Kalau bukan orang Jawa atau tidak mengerti bahasa Jawa belum tentu tahu kalau Saklawase itu berarti selamanya. Mungkin akan mengira kalau itu merupakan nama keluarga dari daerah tertentu. Pertama kali membaca juga saya kira itu nama keluarga. Setelah dicermati ternyata itu bahasa Jawa. Orangtuanya keren deh, kreatif yak. Mukti Saklawase berarti mulia selamanya, terjemahan bebas versi saya. Doa yang bagus. Tapi saya belum pernah konfirmasi langsung sih soal nama unik ini :D

Unik kan? Share dong nama unik yang pernah teman-teman temui.

Tulisan ini diikutsertakan pada #GAarmitafibri


http://armitafibri.com/2015/10/15/giveaway-nama-yang-paling-berkesan/

6 comments:

  1. penting.
    nama juga bisa jadi doa...
    kelingan nama yang keren keren kemarin, Tohan... andi go to school
    bahkan jadi trending topic

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamingsun itu juga bikin ketawa :D

      trus nama anakmu sopo slam? wes dipublikasikan durung?

      Delete
  2. SUnarti Langsung Seneng...hihi..

    namaku unik lho mbak...iyaa memang unik, Nuniek. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuniek, unik juga. Kebayakan Nanik, Ninik ya

      Delete
  3. Iya Mba, namanya unik deh :) Aku orang Jawa, jadi langsung ngerti deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau orang Jawa langsung bisa ngeh

      Delete

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)