menubar

Mar 28, 2012

Bayar Tiket Lion Air via ATM BCA

:D

Kemarin, pak boss meminta saya untuk booking tiket pesawat Lion Air tujuan Jakarta Semarang. Pesen tiket online memang mudah, toh sekarang memang jamannya teknologi. Tiket sudah dipesan, dan saatnya membayar. Saya memilih pembayaran melalui ATM BCA, karena saya tidak punya kartu kredit. Sebelumnya saya juga belum pernah memesan tiket online. Terakhir melakukan perjalanan dengan pesawat tahun 2008 dan saya memakai jasa biro perjalanan.

Dengan modal kode pesanan dan kode pembayaran ATM, saya meluncur ke ATM terdekat dari tempat saya bekerja. Saya berpikir, jika lion air menyediakan pilihan bayar melalui ATM, pastinya ada menu saat melakukan transaksinya. Sampai di ATM, saya kok jadi bingung. Pilih menu pembelian tiket, kok nggak ada. Pilih menu pembayaran, kok harus memasukkan kode perusahaan. Duh... piye jal? Mau nelpon BCA atau Lion Air, nggak bawa hape. Terpaksalah saya kembali ke kantor.

Di kantor, saya browsing. Dan ternyata memang banyak yang mengalami kesulitan seperti saya. Akhirnya saya menemukan kode perusahaan Lion Air.
Saya menemukan cara bayarnya:
1. Pilih menu pembayaran -> Lain-lain
2. Kode perusahaan Lion Air 710110
3. Masukkan 13 digit kode pembayaran
4. Akan muncul detail penerbangan dan total yang harus dibayar
5. Benar
6. Selesai

Situs lion air memang kurang informatif. Mungkin bagi yang sudah terbiasa tidak akan menemukan kesulitan. Nah, kalau saya yang sama sekali nggak pernah beli tiket online amat sangat kesulitan. Mungkin nggak perlu dijelaskan detail menu pada ATM, tapi paling nggak dikasih tau kode perusahaan. Atau saya yang kelewatan membacanya? Entahlah. 

Moral cerita diatas: usahakan bawa handphone kemanapun anda pergi, jangan lupa cek pulsa dulu :D

4 comments:

  1. aku juga udah beberapa kali pake jasa ATM buat tiket pesawat, Dan. Alhamdullillah so far gak ada masalah. Mungkin memang harus prepare banget sama HP pas disananya jd kalo bingung bisa langsung tlp CSnya. Oya, mending ditanyain dulu Dan diawal soal langkah2 pembayarannya kalo via ATM dari awal. Jd gak bingung pas mau bayarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D buat pengalaman buw.
      aku ndak pernah beli tiket online sih, maklum, jarang bepergian jauh. Mentok ya pake jalur darat kalau masih seputaran jawa.

      Iya, henpon itu penting banget.

      Delete
  2. Backgroundnya menarik..Informasinya sangat berguna terutama yang ingin beli tiket lion.

    ReplyDelete
  3. Selama ini saya bayar tiket dengan ATM BNI, jadi tidak tahu ada kesulitan seperti ini pada ATM BCA

    ReplyDelete

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)