Nov 2, 2010

Hal Simple untuk Bumi

Hari ini sebelum ke kantor sengaja mampir buat refill cartridge printer di Veneta, Jl. MT Haryono. Sepintas emang biasa aja sih. Tapi beda loh. Yup, kantong kreseknya. Dari penampilan sama seperti halnya kantong plastik biasa dengan logo di cetak di atasnya. Tetapi ada yang beda dengan kantong ini ketika disentuh. Tidak seperti kantong kresek biasannya.



Owh, ternyata Veneta menggunakan plastik ecoplas. Ecoplas adalah kantong ramah lingkungan karena dibuat dengan menggunakan Biodegradable Resin. Sebuah resin baru yang dikembangkan dan diciptakan di Indonesia oleh putra Indonesia yang mengandung 50 persen tepung singkong Indonesia beserta sumber-sumber alami lain yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui. 



Mungkin kita sering mendengar ataupun membaca bahwa dibutuhkan waktu 1000 tahun bagi bumi untuk dapat mengurai sampah plastik. Bayangkan saja, jika membuang plastik hari ini, baru dapat teurai sekitar tahun 3010. WOW!!! (bukan takjub tapi miris). Sungguh malang nasib bumi. Sedangkan ecoplas bisa terurai dalam waktu 10 minggu.



"This bag is degradable". Meskipun kantong ecoplas dapat terurai, tetapi alangkah baiknya jika kita mengurangi sampah terutama sampah yang sulit terurai. 

Selamatkan bumi mulai dari sekarang dengan hal-hal simple yang kita bisa. Termasuk menggunakan plastik ecoplas, membuang sampah pada tempatnya (kalo bisa dipisah, sampah organik dan non organik), menghemat air, tidak mencetak struk saat penarikan ATM, ganti tisu dengan sapu tangan dan masih banyak lagi hal-hal simple lainnya.

Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)